JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Task-Based Learning dalam Perkuliahan Anatomi Tumbuhan pada Masa New Normal

Deni Nasir Ahmad (Universitas Indraprasta PGRI)
Luluk Setyowati (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2023

Abstract

Tujuan dalam penelitian adalah mengetahui seberapa dampak besar Pengaruh Task-Based Learning Dalam Perkuliahan Anatomi Tumbuhan Pada Masa New Normal. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif, dengan memberikan tugas penyelesaian masalah kepada mahasiswa untuk mengetahui pengaruh yang diberikan dengan menggunakan metode pembelajaran Task-Based Learning (TBL) yakni kemampuan menganalisis, mengidentifikasi dan mengkalsifikasikan. Dalam menguji pengaruh tersebut dengan uji analisis deskriptif dan uji regerasi sederhana untuk menguji hipotesis. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan biologi pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 40 mahasiswa. Hasil dalam penelitian adalah terdapat pengaruh dalam setiap variabelnya baik secara langsung maupun secara tidak langsung, yakni Penagruh Pembelajaran dengan menggunakan metode Task Based Learning terhadap kemampuan menganalisis, mendeskripsi dan mengklasifikasi pada mata kuliah anatomi tumbuhan di masa new normal. Kesimpulan dalam penelitian adalah terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Task-Based Learning (TBL) Terhadap Kemampuan Menganalisis, mengidentifikasi dan Menklasifikasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...