LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 1 No 2 (2022): Maret

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Promosi Produk Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)

Muhammad Rayda Bazhrullah (Universitas Mulia)
Tina Tri Wulansari (Universitas Mulia)
Nariza Wanti Wulan Sari (Universitas Mulia)
Fahrullah Fahrullah (Universitas Mulia)
Dedy Mirwansyah (Universitas Mulia)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2022

Abstract

Dalam suatu bisnis, diperlukan upaya memaksimalkan keuntungan diantaranya dengan melakukan promosi. Masa Coffee pada saat ini masih belum menggunakan data penjualan yang terdokumentasi untuk mengamati selera konsumen sebagai dasar melakukan promosi produk. Dengan demikian perlu adanya sebuah sistem yang dapat membantu menentukan rekomendasi promosi. Sistem pendukung keputusan tentunya akan lebih mempermudah dalam pengambilan keputusan dalam mengevaluasi rekomendasi promosi produk. Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA) ini dapat dimanfaatkan dalam proses penentuan rekomendasi promosi produk. Metode ini memiliki hasil yang berupa perankingan dimana rekomendasi promosi produk diambil dari ranking terendah dalam membantu pengambilan keputusan agar memudahkan pihak Kedai Masa Coffee dalam menentukan rekomendasi produk. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode SPK dan alat bantu analisis yang digunakan adalah flowchart, CD, DFD, dan ERD dengan metode pengujian blackbox. Dari hasil perhitungan pada sistem ini, didapat bahwa terdapat produk yang dipilih untuk dijadikan produk promosi yaitu produk Americano dengan nilai 0,045156.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lofian

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, merupakan jurnal ilmiah yang berfokus pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertaraf nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP) dengan e-ISSN: 2798-9593 dan p-ISSN: ...