Jurnal Riset dan Inovasi Peternakan (Journal of Research and Innovation of Animals)
Vol 7 No 2 (2023): Jurnal Riset dan Inovasi Peternakan: Mei 2023

PENGARUH UMUR POTONG DAN PENAMBAHAN ZAT ADITIVE YANG BERBEDA PADA KUALITAS SILASE RUMPUT PAKCHONG (Pennisetum purpuruem X P. americanum)

Fandi Zuliansyah (Unknown)
Muhtarudin Muhtarudin (Unknown)
Rudy Sutrisna (Unknown)
Liman Liman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur potong dan penambahan zat aditif yang berbeda terhadap uji organoleptik serta kadar air. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap pola faktorial 4x3, dengan 3 ulangan. Sehingga tedapat 36 petak pecobaan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah: 1. U40 (umur potong 40 hari), U50 (umur potong 50 hari), U60 (umur potong 60 hari), U70 (umur potong 70 hari), 2. A1 (tanpa zat aditif), A2 (Penambahan Molases) dan A3 (Penambahan Dedak Padi). Variabel yang diamati yaitu kadar air dan uji organoleptik (warna, tekstur, keberadaan jamur dan pH). Hasil analisis ragam perlakuan umur potong berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kadar air silase rumput pakchong. Silase rumput pakchong menggunakan berbagai jenis zat aditif dengan pemotongan 40 hari, 50 hari, 60 hari, dan 70 hari diperoleh hasil rata rata warna silase hijau kecoklatan, pada umur potong 70 hari memiliki tekstur yang kasar dan mudah dipisahkan, dan rata rata terdapat sedikit jamur. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perlakuan umur potong dan penambahan zat aditif yang berbeda tidak berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap pH silase rumput pakchong.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRIP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Peternakan (JRIP) is a scientific journal covering various aspects of animal husbandry science published since 2017. JRIP is published three times a year in April, August and December by the Department of Animal Husbandry, Faculty of Agriculture, University of Lampung. JRIP ...