ATHENA: Journal of Social Culture and Society
Vol. 1 No. 1 (2023): Januari 2023

Penerapan Model Pembelajaran (LAPS) – Heuristic Berbantuan Worksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA Negeri 3 Pasuruan

Alfin Nofiyanti (Institut Teknologi Dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan)
Mohammad Zaky Tatsar (Institut Teknologi Dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2023

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran (LAPS) – Heuristic Berbantuan Worksheet Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kuantitatif dengan Desain penelitian Quasi Eksperimen Non equivalent Control Group Design dengan populasi 105 siswa. Teknik sampel penelitian dengan teknik purposive sampling. Kelas X MIPA 1 dan MIPA 2 model (LAPS)-Heuristic, kelas X MIPA 3 tanpa model pembelajaran (LAPS)-Heuristic. Instrument yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan uraian untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik. Teknik analisis dengan uji-t, setelah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik yang signifikan (thitung7,26> ttabel,1,67 (Eksperimen I) dan thitung 8,02> ttabel 1,67 (Eksperimen II)

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

athena

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Athena: Journal of Social, Culture and Society is a peer-reviewed academic international journal that publishes original research on a wide range of topics related to social, cultural, and societal issues. Our goal is to provide a forum for scholars, researchers, and practitioners to share their ...