EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2023)

LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LINGKARAN DITINJAU DARI SELF EFFICACY

Lela Nur Safrida (Unknown)
Sunardi Sunardi (Universitas Jember)
Abi Suwito (Universitas Jember)
Ervin Oktavianingtyas (Universitas Jember)
Dinda Rizkina (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2023

Abstract

Fokus keahlian yang diperlukan dalam pembelajaran matematika abad ke-21 meliputi kemampuan berpikir kritis (critical thingking), kemampuan komunikasi (communication), kreativitas (creativity), dan kerja sama (collaboration). Hal ini akan terwujud apabila siswa memiliki literasi matematikanya baik. Faktanya, literasi matematika siswa di Indonesia masih rendah. Rendahnya literasi matematika siswa di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya self efficacy karena merupakan faktor internal nonkognitif yang berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa kelas IX SMPN 3 Jember dengan self efficacy tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa angket self efficacy, tes literasi matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level kemampuan literasi matematika dengan self efficacy rendah, sedang, dan tinggi berbeda. Literasi matematika siswa dengan self efficacy rendah pada penelitian ini mencapai level 1 hingga level 3, literasi matematika siswa dengan self efficacy sedang mencapai level 1 hingga level 4, dan literasi matematika siswa dengan self efficacy tinggi mencapai level 4 hingga level 6.   Kata kunci: literasi matematika, lingkaran, self efficacy. Abstract: The focus of 21st century mathematics learning is lies in developing four abilities which include critical thinking skills, communication skills, creativity, and collaboration. This will be achieved if students have good mathematical literacy skills. In fact, students' mathematical literacy skills in Indonesia are low. The low mathematical literacy of students in Indonesia is caused by several factors. One of the factors that need more attention is self-efficacy, it is a non-cognitive internal factor that influence on students' mathematics learning achievement. Therefore, this study aims to describe the mathematical literacy skills of class IX students of SMPN 3 Jember with high, medium, and low self-efficacy in solving circle problems. This study is descriptive research with qualitative approach. Collecting data using questionnaires, tests, and interviews. The instruments used were self-efficacy questionnaires, tests of mathematical literacy skills, and interview guidelines. The results showed that the level of mathematical literacy skills with low, medium, and high self-efficacy were different. In general, the setudents’ mathematical literacy with low self-efficacy reach level 1 to level 3, the students’ mathematical literacy with moderate self-efficacy reach level 1 to level 4, and the students’ mathematical literacy with high self-efficacy reach level 4 up to level 6. Keywords: mathematical literacy, circle, self-efficacy.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edumat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDU-MAT adalah jurnal yang didirikan pada tahun 2013 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT merupakan kumpulan artikel hasil penelitian maupun kajian dosen, peneliti, guru, maupun mahasiswa di bidang pendidikan matematika ...