Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 1 (2023): FEBRUARI

PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI PAUD BUNGONG JEUMPA ACEH SELATAN

Rika Fazila (Mahasiswa PG PAUD FKIP USK)
Bahrun . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Siti Naila Fauzia (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Suhartati . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Dina Amalia (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Keywords: Project Method, Interpersonal Intelligence, Early ChildhoodEarly childhood is the golden age of child development where all aspects can be easily stimulated, one of which is interpersonal intelligence in children. Interpersonal intelligence in children can be developed through the application of the project method. This study aims to improve children's interpersonal intelligence through the application of the project method at PAUD Bungong Jeumpa, South Aceh. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The data collection technique uses observation. Data analysis using Miles and Huberman, namely the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This research was conducted in two cycles. The stages in this research follow the classroom action research procedures, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, (4) reflection. The subjects in this study were 10 B grade children consisting of 3 boys and 7 girls with an age range of 5-6 years. The results of the research on children's interpersonal intelligence through the application of the project method in the first cycle of the fourth meeting, 5 children received 2 stars (MB) and 2 children received 3 stars (BSH). While in the second cycle of the fourth meeting, 3 children received 3 stars (BSH) and 7 children received 4 stars (BSB). Thus, it can be concluded that children's interpersonal intelligence can be improved through the application of the project method at PAUD Bungong Jeumpa, South Aceh. It is recommended that research related to interpersonal intelligence in early childhood can be continued by other researchers so that new things can be found that have not been found in this study.Abstrak. Masa usia dini adalah masa keemasan perkembangan anak dimana semua aspek dapat dengan mudah distimulasi, salah satunya yaitu kecerdasan interpersonal pada anak. Kecerdasan interpersonal pada anak dapat dikembangkan melalui penerapan metode proyek. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui penerapan metode proyek di PAUD Bungong Jeumpa Aceh Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu adanya tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang anak kelas B yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 7 anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Hasil penelitian kecerdasan interpersonal anak melalui penerapan metode proyek pada siklus I pertemuan keempat, 5 anak mendapat bintang 2 (MB) dan 2 anak mendapat bintang 3 (BSH). Sedangkan pada siklus II pertemuan keempat, 3 anak mendapat bintang 3 (BSH) dan 7 anak mendapat bintang 4 (BSB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal anak dapat ditingkatkan melalui penerapan metode proyek di PAUD Bungong Jeumpa Aceh Selatan. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan kecerdasan interpersonal anak usia dini dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehingga dapat ditemukan hal-hal baru yang belum ditemukan dalam penelitian ini.Kata Kunci: Metode Proyek, Kecerdasan Interpersonal, Anak Usia Dini

Copyrights © 2023