JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 3 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Penerapan Model Role Play melalui Media Video Ekoliterasi Untuk Mempercepat Kecakapan Berbicara Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Lape

Zainuddin, Zainuddin (Unknown)
Suparman, Suparman (Unknown)
Junaidi, Junaidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Model Role Play dengan menggunakan media video ekoliterasi terhadap kecakapan berbicara para siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Lape Kecamatan Lape Kabupaten Sumbawa tahun pelajaran 2022-2023 yang menggunakan kurikulum K-13. Penelitian dilakukan mulai bulan Agustus sampai Bulan Desember 2022. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMAN 1 Lape berjumlah 831 siswa, terdiri dari 9 kelas untuk kelas X, 8 kelas untuk kelas XI, dan 8 kelas untuk kelas XII. Penelitian dilakukan di kelas XI IPS yang terdiri dari empat kelas yaitu: IPS.1 hingga IPS.4 dengan jumlah populasi adalah 131 orang siswa. Jumlah sampel dari penelitian ini sendiri adalah sebanyak 67 orang siswa yaitu: Kelas XI IPS. 1. Yang terdiri dari 34 orang siswa, dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 13 orang, dan siswi sebanyak 21 orang. Dan kemudian kelas XI IPS. 2, dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak: 18 orang dan jumlah siswi sebanyak 15 orang. Tehnik pengabilan sampel menggunakan random sampling. instrument yang digunakan adalah kuesioner dan dokumen yang sudah dirilis oleh rumah sakit. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja Rumah Sakit H.L Manambai Abdul kadir berada dalam kategori cukup baik, kinerja dari perspektif keuangan berada dalam kondisi baik/sehat, dimana rasio-rasio keuangan secara keseluruhan menunjukkan angka yang positif/baik, kepuasan pelanggan menunjukkan kinerja yang baik, namun kinerja proses bisnis internal dengan menggunakan indikator Mutu Pelayanan Kementrian Kesehatan memiliki hasil kinerja yang tidak baik. Kinerja menurut perspektif pertumbuhan dan pembelajaran melalui pengukuran indikator kepuasan pegawai, adalah dalam kategori cukup baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...