JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 4 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) pada Mata Pelajaran Fisika

Andriani, Andi Arie (Unknown)
Saad, Rezkawati (Unknown)
Sultan, Ana Dhiqfaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam mempelajari Fisika, sehingga berakibat rendahnya hasil belajar fisika yang hanya mencapai 63, masih belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan yaitu 70.  Penerapan model pembelajaran peta konsep (mind mapping) pada mata pelajaran fisika merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran peta konsep (mind mapping) pada mata pelajaran Fisika di UPT SMA Negeri 17 Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan pemberian tes.  Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran peta konsep (mind mapping) pada mata pelajaran fisika di UPT SMA Negeri 17 Pangkep yaitu diperoleh hasil belajar peserta diidk mengalami peningkatan di siklus I sebesar 61 % (17 orang yang tuntas) dan cenderung berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 54 %, kemudian mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 93 % (26 orang yang tuntas) dan cenderung berada pada kategori tinggi dengan peningkatan persentase sebesar 89 %. Oleh karena itu, melalui model pembelajaran peta konsep yang dilakukan selama kegiatan siklus pada mata pelajaran fisika, telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...