SIGMA
Vol 8, No 2 (2023): SIGMA

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Lady Agustina (Universitas Muhammadiyah Jember)
Lili Supardi (Universitas Madura)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kesalahan siswa dan penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita bentuk pemecahan masalah segitiga dan segiempat berdasarkan Teori Newman yang terdiri dari membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan. Metode penelitian ini adalah kualitatif,Penelitian ini dilakukan pada 27 siswa kelas VII. Peneliti memberikan tes kepada 27 siswa untuk menentukan apakah ada kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita bentuk pemecahan masalah segitiga dan segiempat. Berdasarkan hasil tes yang sudah diperiksa dan dianalisis, peneliti membagi 27 siswa tersebut kedalam 3 kelompok yaitu kelompok siswa dengan kesalahan tinggi (banyak), kelompok siswa dengan kesalahan sedang, dan kelompok siswa dengan kesalahan rendah (sedikit). Dari masing-masing kelompok, dipilih masing-masing 2 siswa untuk di wawancarai untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa dan sebagai bahan unuk proses keabsahan data agar data lebih valid. Penelitian ini menghasilkan kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan pada kelompok kesalahan tinggi (banyak). Kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan penulisan pada kelompok kesalahan sedang. Kesalahan transformasi dan keterampilan proses terjadi pada kelompok kesalahan rendah (sedikit).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...