Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Efektivitas Evaluasi Model CIPP Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia : Meta-Analisis

Ichsan Ichsan (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Tomi Apra Santosa (Unknown)
Ilwandri Ilwandri (Akademi Teknik Adikarya, Indonesia,)
Aulia sofianora (Universitas Jambi, Indonesia)
Upris Yastanti (Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas evaluasi model CIPP dalam pembelajaran IPA di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian meta-analisis. Sumber data dalam penelitian berasal 10 jurnal nasional maupun internasional yang terbit dari tahun 2015-2023. Proses penecarian data melalui google scholar, Eric, Wiley, SINTA, DOAJ dan Scopus. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung melalui database jurnal. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan bantuan apalikasi OpenMEE. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model evaluasi CIPP sangat efektif dalam mengevaluasi proses pembelajaran IPA di Indoenesia. Hal ini dapat dilihat dari nilai effect size sebesar 1,05 dengan kriteria tinggi. Model evaluasi CIPP memberikan hasil yang positif bagi siswa dan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...