Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Is ChatGPT Dangerous for Lecturer Profession? An In-depth Analysis

Abu Muna Almaududi Ausat (Universitas Subang)
Suherlan Suherlan (Universitas Subang)
Hizbul Khootimah Azzaakiyyah (Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2023

Abstract

Saat ini teknologi berkembang pesat dan kemunculan teknologi ini tentu saja memberikan dampak besar pada berbagai bidang, termasuk di dunia pendidikan. Dosen menjadi salah satu profesi yang mungkin terdampak dengan kehadiran ChatGPT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana teknologi kecerdasan buatan dapat mempengaruhi pekerjaan dosen, serta bagaimana dosen dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi menyimak dan mencatat informasi penting untuk melakukan analisis data melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil studi menyimpulkan bahwa ChatGPT dapat memberikan dampak pada profesi dosen. ChatGPT dapat membantu dosen dalam beberapa hal, seperti menghasilkan teks awal dan mempercepat proses penulisan, namun pada saat yang sama dapat pula menimbulkan beberapa tantangan dan risiko. Dosen harus mempertahankan nilai-nilai inti profesi mereka dan tetap berperan aktif dalam memerangi tindakan kecurangan akademik yang dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi seperti ChatGPT.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...