Kenakalan siswa menjadi masalah nasional yang sering terjadi di Indonesia. Kenakalan siswa merupakan semua tingkah laku atau tindakan tidak baik yang dilakukan siswa dan dapat melanggar norma serta hukum yang berlaku. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui upaya guru PPKn dalam mengatasi kenakalan siswa di SMPN 5 Mataram dan kendala yang dihadapi guru PPKn dalam mengatasi kenakalan siswa di SMPN 5 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa upaya guru PPKn dalam mengatasi kenakalan siswa di SMPN 5 Mataram yakni (a) upaya preventif: membuat kontrak belajar dan sosialisasi/penyuluhan dengan pihak terkait, (b) upaya refsesif: memberikan teguran secara lisan/tulisan, kerjasama dengan guru BP/BK dan guru mata pelajaran, memberikan sanksi, dan buku kasus, (c) upaya kuratif: absen khusus dan pemberian siraman rohani. Adapun kendala guru PPKn dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu kurangnya perhatian orang tua, adanya guru yang cuti, pengaruh lingkungan/media massa, dan kurangnya minat belajar siswa.
Copyrights © 2023