RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 1 (2023)

IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PEMBELAJARAN ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

Muhammad Fajar Hidayat (Unknown)
Tobroni Tobroni (Universitas Muhammadiyah Malang)
Achmad Tito Rusady (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi prinsip-prinsip Total Quality Management pada pembelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus sebagai jenis penelitian. Peneliti mengumpulkan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model yang diajukan oleh Miles and Huberman yaitu  mereduksi data, menyajikan data, dan memberikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TQM pada pembelajaran ISMUBA berjalan dengan baik. Sekolah menerapkan prinsip-prinsip TQM diantaranya; perbaikan terus menerus, perubahan kultur, kepuasan pelanggan, kolega sebagai pelanggan, organisasi terbalik, pemasaran internal, profesionalisme dan mutu pembelajaran. Dampak TQM diantaranya; 1) Peningkatan mutu pembelajaran ISMUBA, 2) Terciptanya kesempatan belajar bagi siswa yang kurang mampu, 3) Pembentukan karakter melalui keteladanan, 4) Strategi belajar yang bervariasi. Penerapan TQM dalam bidang pendidikan butuh usaha dan waktu yang tidak sebentar. Dalam penerapannya terdapat kendala dari berbagai factor seperti; 1) Kualitas input yang beragam, 2) Kurangnya pemahaman orang tua tentang ciri khas sekolah Muhammadiyah dalam pelajaran ISMUBA dan, 3) Kurangnya penerapan di kehidupan sehari-hari oleh peserta didik. Beberapa solusi yang diberikan oleh sekolah diantaranya; 1) Pemisahan kelas sesuai kemampuan peserta didik, 2) Pengadaan musyawarah dengan wali murid yang lebih intensif, dan 3) Kerjasama antara guru dan orang tua dalam mendidik peserta didik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...