RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 1 (2023)

PENGHAYATAN NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Rianda Marta Derici (Universitas Sriwijaya)
Ermayanti Ermayanti (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Proses pembentukan peserta didik guna menjadi manusia seutuhnya yang berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman mereka merupakan dasar pemikiran Ki Hajar Dewantara. Oleh karena itu, penting untuk tidak hanya memahami Pancasila secara teoritis, tetapi juga perlu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan seperti ini sesuai dengan pandangan Ki Hajar Dewantara dalam membentuk karakter pelajar yang mengedepankan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengulas dan menjelaskan penguatan profil pelajar Pancasila terhadap penghayatan nilai-nilai Pancasila dan kebhinekatunggalikaan di SMA Negeri 10 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi dan studi kasus. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 10 Palembang ternyata terdapat banyak perbedaan baik peserta didik maupun guru, namun perbedaan tersebut bukan menjadi penghalang berlangsungnya proses pembelajaran, dimana sekolah ini sangat menjunjung tinggi nilai toleransi. Penanaman profil pelajar Pancasila dan penghayatan Pancasila sendiri sudah diterapkan di SMA Negeri 10 Palembang. Kurikulum merdeka telah diimplementasikan untuk kelas, sehingga peserta didik dapat bergotong royong, berpikir kritis, serta kreatif pada saat diberikan sebuah projek. Implementasi nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 10 Palembang telah memberikan penguatan terhadap karakter profil pelajar Pancasila peserta didik. Hal ini berhasil dicapai berkat partisipasi seluruh warga sekolah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...