Menara Ilmu
Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 APRIL 2023

Dampak Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Covid-19 Di Rumah Sakit Umum Dr.Hasri Ainun Habibie Gorontalo

Zulkarnain Ilyas Idris (Universitas Ichsan Gorontalo)
Anggriani Husain (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak mutu pelayanan kesehatan (X) yang terdiri dari pemakai jasa pelayanan kesehatan (X1) dan penyelenggara pelayanan kesehatan (X2) terhadap kepuasan pasien Covid-19 di Rumah Sakit dr. Hasri Ainun Habibie Gorontalo. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 responden dengan menggunakan metode Yamane. Analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pemakai jasa pelayanan kesehatan (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 54,9 % dan penyelenggara pelayanan kesehatan (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 38,5 % terhadap kepuasan pasien Covid-19 di Rumah Sakit dr. Hari Ainun Habibie Gorontalo. Kontribusi X1 dan X2 terhadap Y sebesar 83,2 % sedangkan sisanya sebesar 16,8 % ditentukan variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...