Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 4, No 2 (2023)

PERSEPSI BURUK SISWA TERHADAP AKUNTANSI: BAGAIMANA ITU BISA TERJADI?

Nur Shania Hardiyanti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Annisa Ayuningtyas (Universitas Pendidikan Indonesia)
Chintya Fasya Arrahman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Gesika Putri Kencana Arum (Universitas Pendidikan Indonesia)
Khaulah Najdah Labibah Ahmady (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rama Wijaya Abdul Rozak (Universitas Pendidikan Indonesia)
Heni Mulyani (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2023

Abstract

Persepsi siswa terhadap akuntansi menjadi indikator keberhasilan pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran didukung dengan persepsi baik yang dimiliki siswa terhadap akuntansi. Namun, nyatanya sebagian siswa memiliki persepsi buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap akuntansi dan penyebab timbulnya persepsi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang secara objektif memaparkan mengenai persepsi siswa terhadap akuntansi. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan hasil wawancara yang dilakukan kepada 50 siswa SMA kelas 12 yang berusia rata-rata 17-18 tahun. Peneliti mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan tertutup. Peneliti menganalisis dan mengategorikan jawaban narasumber untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi buruk terhadap akuntansi. Persepsi buruk tersebut disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya analisis kasus akuntansi yang dianggap sulit, rumit dan adanya ketidakminatan siswa terhadap pembelajaran numerik. Dalam proses pembelajaran, guru sangat berperan untuk membentuk dan mengubah persepsi siswa terhadap akuntansi. Penyebab persepsi buruk siswa terhadap akuntansi dapat dianalisis melalui pendekatan psikologis, pendekatan pengalaman, dan pendekatan komunikasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...