Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Nur Hijrah Muthmainnah (Universitas Negeri Makassar)
Eko Hadi Sujiono (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Haris (Universitas Negeri Makassar)
Nurhayati Nurhayati (Universitas Negeri Makassar)
Mutahharah Hasyim (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design. Penelitian ini menggunakan desain One-Shot Case Study dimana tidak ada kelompok kontrol dan peserta didik diberikan perlakuan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik dengan penggunaan media pembelajaran berupa aplikasi Google Classroom selama pembelajaran daring. Aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran interaktif berbasis e-learning yang memudahkan guru dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar dari rumah khususnya pembelajaran fisika pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke dapat dilihat dari tes hasil belajar fisika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 13 Takalar dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 32 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian untuk tes hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 68 dengan persentase tingkat ketuntasan 66%.

Copyrights © 2023