Journal of Education Research
Vol. 4 No. 2 (2023): JUNI 2023

Curriculum Development in Indonesia from a Historical Perspective

Dindin Abidin (Universitas Islam 45 Bekasi)
Elly Retnaningrum (Universitas Langlangbuana Bandung)
Jolanda Dessye Parinussa (Universitas Pattimura Ambon)
Dewi Sri Kuning (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Yance Manoppo (Universitas Pattimura Ambon.)
I Made Kartika (Universitas Dwijendra)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2023

Abstract

Kurikulum memiliki kedudukan yang srategis dan fundamental dalam menunjang kemajuan pendidikan suatu negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kurikulum yang telah diterapkan di Indonesia dalam perspektif sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik dokumentasi dan kepustakaan. Hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perjalanan sejarah kurikulum yang pernah berlaku di Indonesia dalam perspektif studi komparatif dapat ditelusuri dari Kurikulum 1947, Kurikulum 1952, Kurikulum 1964, Kurikulum 1968, Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, Kurikulum 2004, Kurikulum 2004, Kurikulum 2013, dan Kurikulum Merdeka. Tinjauan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penggunaan kurikulum pada Lembaga Pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...