Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia (JIKSI)
Vol 4 No 1 (2023): Maret 2023

Hubungan Faktor Risiko dengan Kejadian Katarak Senilis di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Indah Syafira Praja (S1 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia)
Hendriati Hendriati (Bagian Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, RSUP Dr. M. Djamil, Padang 25163, Indonesia)
Rizanda Machmud (Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Komunitas, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Latar Belakang: Katarak senilis adalah kekeruhan pada lensa mata secara progresif dan bertahap yang terjadi pada kelompok usia 50 tahun ke atas dan berhubungan dengan proses degeneratif. Katarak senilis merupakan suatu kelainan muktifaktorial yang dapat dihubungkan dengan berbagai macam faktor diantaranya adalah riwayat diabetes melitus, riwayat hipertensi, kebiasaan merokok, dan pekerjaan. Objektif: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor risiko riwayat diabetes melitus, hipertensi, kebiasaan merokok, dan pekerjaan terhadap kejadian katarak senilis. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian case-control. Penelitian ini dilakukan di RSUP Dr. M. Djamil Padang pada bulan Agustus 2022 – September 2022. Jumlah sampel adalah 106, terdiri dari 53 sampel kasus dan kontrol. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data berupa analisis univariat yang mendeskripsikan distribusi frekuensi variabel dan analisis bivariat dengan uji statistik chi square. Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan hubungan yang signifikan antara faktor riwayat hipertensi (p=0,000 ; OR=9,94), kebiasaan merokok (p=0,006 ; OR=3,75), dan pekerjaan (p=0,036 ; OR=2,71) dengan kejadian katarak senilis, sedangkan riwayat diabetes melitus (p=0,057) tidak memiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini adalah riwayat hipertensi, kebiasaan merokok, dan pekerjaan merupakan faktor risiko kejadian katarak senilis sedangkan riwayat diabetes melitus tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian katarak senilis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikesi

Publisher

Subject

Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia is a peer-reviewed and open-access journal that focuses on promoting health sciences to integrate research in all aspects of human health. This journal publishes original articles, reviews, and case reports. Subjects suitable for publication include but are not ...