Strategic: Journal of Management Sciences
Vol 3 No 1 (2023): Strategic: Journal of Management Sciences

Pengaruh E-Service Quality dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Siantar Martoba Kelurahan Naga Pita RT:003 RW:003)

Darwin Lie (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung)
Sisca Sisca (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung)
Nana Triapnita Nainggolan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung)
Christine Loist (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung)
Amelia Carlos Sumbayak (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2023

Abstract

Objektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran e-service quality, citra perusahaan, dan kepuasan konsumen pada Pengguna Shopee (Studi Kasus pada Masyarakat Kecamatan Siantar Martoba). Untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen pada Pengguna Shopee (Studi Kasus pada Masyarakat Kecamatan Siantar Martoba) baik secara simultan maupun parsial. Metode Riset. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil. E-service quality dan citra perusahaan sudah baik serta kepuasan konsumen sudah puas. Terdapat pengaruh positif antara e-service quality dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen baik secara simultan maupun parsial. Terdapat hubungan yang kuat dan positif antara e-service quality dan citra perusahaan dengan kepuasan konsumen. Kemudian tinggi rendahnya kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh e-service quality dan citra perusahaan. H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara e-service quality dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen baik secara simultan maupun parsial. Kesimpulan. Untuk meningkatkan e-service quality pada Shopee (Studi Kasus pada Masyarakat Kecamatan Siantar Martoba), sebaiknya perusahaan mengarahkan konsumen untuk memilih menu kerusakan produk pada saat ingin membeli produk yang mereka inginkan supaya, setiap konsumen yang menerima produk dengan kondisi yang rusak dapat menerima jaminan terkait produk yang mereka beli dan lebih cepat lagi dalam menanggapi setiap keluhan yang diberikan oleh para konsumen.. Untuk meningkatkan citra perusahaan pada Shopee (Studi Kasus pada Masyarakat Kecamatan Siantar Martoba), sebaiknya perusahaan memberikan keyakinan dengan memberi pelayanan yang baik agar konsumen memiliki pengalaman yang baik dalam berbelanja serta perusahaan memiliki nilai dan citra yang baik dibenak masyarakat luas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

strategic

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Strategic Journal of Management Sciences with E-ISSN 2798-0049 is a peer-reviewed journal published three times a year in April, August, and December by the Masters Program (S-2) Master of Management Science Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung The Management Journal is intended as a journal for ...