Objektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran e-service quality, citra perusahaan, dan kepuasan konsumen pada Pengguna Shopee (Studi Kasus pada Masyarakat Kecamatan Siantar Martoba). Untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen pada Pengguna Shopee (Studi Kasus pada Masyarakat Kecamatan Siantar Martoba) baik secara simultan maupun parsial. Metode Riset. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil. E-service quality dan citra perusahaan sudah baik serta kepuasan konsumen sudah puas. Terdapat pengaruh positif antara e-service quality dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen baik secara simultan maupun parsial. Terdapat hubungan yang kuat dan positif antara e-service quality dan citra perusahaan dengan kepuasan konsumen. Kemudian tinggi rendahnya kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh e-service quality dan citra perusahaan. H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara e-service quality dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen baik secara simultan maupun parsial. Kesimpulan. Untuk meningkatkan e-service quality pada Shopee (Studi Kasus pada Masyarakat Kecamatan Siantar Martoba), sebaiknya perusahaan mengarahkan konsumen untuk memilih menu kerusakan produk pada saat ingin membeli produk yang mereka inginkan supaya, setiap konsumen yang menerima produk dengan kondisi yang rusak dapat menerima jaminan terkait produk yang mereka beli dan lebih cepat lagi dalam menanggapi setiap keluhan yang diberikan oleh para konsumen.. Untuk meningkatkan citra perusahaan pada Shopee (Studi Kasus pada Masyarakat Kecamatan Siantar Martoba), sebaiknya perusahaan memberikan keyakinan dengan memberi pelayanan yang baik agar konsumen memiliki pengalaman yang baik dalam berbelanja serta perusahaan memiliki nilai dan citra yang baik dibenak masyarakat luas.
Copyrights © 2023