Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreatif yang dilakukan oleh Bali Eksperimental Teater (BET) dan relevansi proses kreatif Bali Eksperimental Teater terhadap pembelajaran drama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan proses kreatif dan relevansi proses kreatif Bali Eksperimental Teater dalam pembelajaran drama. Penelitian ini berfokus pada proses kreatif Bali Eksperimental Teater dan bagaimana proses tersebut berhubungan dengan pengajaran drama. Metode pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kreatif BET mencakup empat tahap yaitu (1) mempersiapkan naskah dan bagan pementasan, (2) memilih pemain atau aktor, (3) proses latihan, (4) membuat bentuk pementasan (perpaduan antara instalasi, gerak, dan suara, serta pemeristiwaan). Relevansi proses kreatif BET dapat dilihat pada: (1) ketercapaian pembelajaran KD drama; (2) melatih siswa dalam teknik dasar drama; (3) pelatihan yang dilakukan di luar jam sekolah; dan (4) pembentukan watak dan sikap, penumbuhan kreativitas, dan peningkatan wawasan seni teater.
Copyrights © 2023