JIPHO ( Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)
Vol 5, No 2 (2023): JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)

Pengaruh Penambahan kacang Merah Terhadap Kualitas Fisik Naget Ayam Petelur Afkir

Nursani Naani (Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridarma Andonohu Jl. H.E.A. Mokodompit, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232)
Fitrianingsih Fitrianingsih (Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridarma Andonohu Jl. H.E.A. Mokodompit, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232)
Harapin Hafid (Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridarma Andonohu Jl. H.E.A. Mokodompit, Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia 93232)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas fisik dan organoleptik nugget daging ayam petelur afkir dengan penambahan kacang merah (Phaseolus vulgaris L) 0%, 5%, 10% dan 15%. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap yang terdiri dari 4 perlakuan P0 (kontrol), P1 (5%) kacang merah, P2 (10%) kacang merah, P3 (15%) kacang merah dan 5 ulangan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah pH, susut masak, rendemen, bentuk, warna, cita rasa, aroma, tekstur, kekenyalan dan penerimaan umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nugget daging ayam petelur afkir sangat berpengaruh nyata (P<0,01) terhadap cita rasa, aroma, warna dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap bentuk, tekstur dan penerimaan umum. Namun tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap pH, susut masak, rendemen dan kekenyalan.   Kata kunci: Nugget ayam petelur afkir, kacang merah, kualitas fisik dan organoleptik  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPHO

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo (JIPHO) adalah jurnal ilmiah bidang peternakan yang mencakup; pemuliaan dan genetika, reproduksi, fisiologi, nutrisi, teknologi pakan, hijauan pakan, produksi ternak, bioteknologi, tingkah laku, kesehatan, sistem peternakan, sosial ekonomi, kebijakan, dan teknologi ...