Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 8 No 1 (2023): JANUARI

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MENULIS ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL SE-KOTA MEDAN T.A 2021/2022

Muhammad Nazri P Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sapri Sapri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ahmad Syukri Sitorus (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui model-model menulis anak usia dini di RA Kota Medan, 2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat kemampuan menulis di RA Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan deskriptif analisis. Metode dalam mengumpulkan data dengan teknik wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Data yang digunakan pada penelitian ini dengan subjek penelitian yaitu dengan guru-guru RA Se-kota Medan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model-model pembelajaran menulis anak usia dini di Raudhatul Athfal Se-kota Medan T.A 2021/2022 yaitu 1) Model-model menulis anak usia dini di RA Kota Medan yaitu dilakukan di RA Ibunda, RA Bunayya IV, dan RA Ar-Rayhan dengan menggunakan model pembelajaran pramenulis dan model draf. Dengan model ini, anak terlebih dahulu di latih tangannya dengan bermain plastisin, meremas kertas, bermain pasir, melempar, dan menangkap bola. Adapun bentuk reward diberikan kepada anak agar anak semakin senang dalam pembelajaran menulis. 2) Faktor pendukung pembelajaran yaitu dukungan dari guru, orang tua dan lingkungan keluarga. Ini semua sangat berpengaruh, karena  itu guru harus memberikan media yang baik untuk meningkatkan kemampuan menulis anak seperti media puzzle huruf, memberikan media kertas untuk anak mencoret-coret dibuku kasar, dan memberikan reward juga pujian agar menumbuhkan semangat anak. Dan faktor penghambatnya adalah kurangnya kompetensi guru dalam memberikan pembelajaran untuk menstimulus anak dalam memahami huruf dan angka, anak mudah bosan dalam menullis, anak kurang konsentrasi. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu perkembangan anak dalam meningkatkan kemampuan menulis anak di RA Kota Medan dengan menggunakan model-model pembelajaran yang menarik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...