IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 1, No 2 (2021): IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat

Pemanfaatan Trainer Kendali Digital Dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar Case Base Learning IOT Siswa SMKN 2 Makassar

Satria Gunawan Zain (Universitas Negeri Makassar)
Suhartono Suhartono (Universitas Negeri Makassar)
Andi Baso Kaswar (Universitas Negeri Makassar)
Abd. Rahman Patta (Universitas Negeri Makassar)
Irwansyah Suwahyu (Universitas Negeri Makassar)
Muliaty Yantahin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2021

Abstract

 Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah siswa SMKN 2 Makassar Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa SMKN 2 Makassar dalam dalam memperlajari Internet Of thing dengan metede (IOT) Case Base Learning. Metode pelaksanaan yang diterapkan berupa ceramah terkait perkenalan sistem kendali digital, kemudian pemaparan materi terkait dasar-dasar komponen sistem kendali digital, lalu masuk pada materi perkenalan trainer kendali digital dan praktikum menyelesaiakan kasus-kasus yang dibuat dan disesuaikan dengan perangkat yang disediakan dalam trainer kendali digital. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dan penambah pengalaman peserta dalam membangun proyek kendali digital mulai dari menyusun kode program, membuat wiring setiap modul dalam rangkaian, hingga menguji coba proyeknya. Kata Kunci: pelatihan, trainer kendali digital, IOT.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IPTEK

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...