Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)

Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Jujur Di MI Tahdzibun Nasyiin Pakuniran

Rosa Nur Kholifah (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Abdul Hamid (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Firdaus Ainul Yaqin (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)



Article Info

Publish Date
04 May 2023

Abstract

AbstractThis research is motivated by the many cases involving student delinquency and even environmental crimes regarding the problem of honest character degradation. The importance of honesty is very clear in state regulations regarding honest character because honesty shows how important honest character is in everyday life and affects the quality of the nation. Honesty is a very important noble character that must be owned by everyone. In order for results in honest character education to be achieved, this habituation is very necessary for the character values that exist in schools, especially the characters in MI. Therefore, the teacher plays a very important role in the school. This teacher's strategy is needed by students so that they can absorb these noble values. The purpose of this study is to find out how the teacher's strategy is in forming honest character at MI TAHDZIBUN NASYIIN PAKUNIRAN.This study uses qualitative research, the description review technique used in this analysis is demotion of information. The results studied prove that the teacher's strategy in building honest character at MI TAHDZIBUN NASYIIN PAKUNIRAN in a way that integrates the outlook on life and morals in front of each netra subject. And will instill a positive value that will be given by the teacher, by practicing habituation and tutorials through giving up exemplary and designs that are applied in pairs with the motto about sincerity within the category and outside the category, building a journal of the Koran bani Hukum to build a place for prisons within the category.Keywords: strategy, teacher, honestAbstrakPenelitian ini dilartarbelakangi oleh banyaknya kasus yang melibatkan kenakalan siswa  bahkan kejahatan lingkungan tentang masalah degrasi karakter jujur. Pentingnya kejujuran sudah sangat jelas dalam peraturan negara tentang karakter jujur karna hal kejujuran menunjukkan betapa pentingnya  karakter jujur dalam kehidupan sehari- hari dan mempengaruhi kuliatas bangsa. kejujuran adalah salah satu akhlak mulia yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Supaya hasil dalam pendidikan karakter jujur agar tercapai, jadi sangat diperlukan pembiasaan ini untuk nilai – nilai karakter yang ada disekolah terutama karakter yang ada di MI. Oleh sebab itu guru memengang peranan yang sangat penting didalam sekolah. Strategi guru ini dibutuhkan oleh peserta didik agar dapat  air nilai-nilai luhur ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter jujur di MI Tahdzibun Nasyiin Pakuniran. Penelitian tersebut menggunakan penelitian kualitatif, teknik ulasan keterangan yang digunakan bagian dalam analisis ini adalah demosi keterangan. Hasil yang diteliti ini membuktikan bahwa strategi guru dalam pembentukan karakter jujur di MI Tahdzibun Nasyiin Pakuniran dengan cara yang dengan cara mengintrekgasikan pandangan hidup dan moral depan setiap netra pelajaran. Dan akan menanamkan nilai yang positif yang akan diberikan oleh guru, dengan mengamalkan pembiasaan dan tutorial tempuh merelakan keteladanan dan desain yang diterapkan berpasangan semboyan ihwal ketulusan didalam kategori maupun diluar kategori, membangunjurnal Koran bani hukum tempuh membangun wadah yang lapas dilingkungan kategori.Kata kunci: strategi, guru, jujur.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...