Jurnal Aplikasi dan Inovasi Iptek (JASINTEK)
Vol 4 No 2 (2023): Jurnal Aplikasi dan Inovasi Iptek No. 4 Vol. 2 April, 2023

Pemberdayaan Masyarakat Mengenai Literasi Data Dalam Pemasaran Wisata Di Desa Batuan, Sukawati

Gde Palguna Reganata (Program Studi Informatika, Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi, dan Humaniora, Universitas Bali Internasional)
I Kadek Arya Sugianta (Program Studi Informatika, Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi, dan Humaniora, Universitas Bali Internasional)
Khadijah Febriana Rukhmanti Udhayana (Program Studi Informatika, Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi, dan Humaniora, Universitas Bali Internasional)
I Gede Wahyu Surya Dharma (Program Studi Informatika, Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi, dan Humaniora, Universitas Bali Internasional)
I Gede Karang Komala Putra (Program Studi Informatika, Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi, dan Humaniora, Universitas Bali Internasional)
Ni Kadek Winda Patriani (Program Studi Informatika, Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi, dan Humaniora, Universitas Bali Internasional)
Kadek Riyan Putra Richadinata (Program Studi Bisnis Digital, Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi, dan Humaniora, Universitas Bali Internasional)
Vitalia Fina Carla Rettobjaan (Program Studi Bisnis Digital, Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi, dan Humaniora, Universitas Bali Internasional)
Ni Made Widnyani (Program Studi Bisnis Digital, Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi, dan Humaniora, Universitas Bali Internasional)
A. A. Ngurah Bagus Aristayudha (Program Studi Bisnis Digital, Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi, dan Humaniora, Universitas Bali Internasional)
Ni Putu Surya Astitiani (Program Studi Bisnis Digital, Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi, dan Humaniora, Universitas Bali Internasional)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Pariwisata di Bali sedang mengalami tantangan akibat pandemi. Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi menjadi salah satu cara untuk mengembangkan potensi wisata di era post pandemic. Namun, perjalanan usaha pariwisata di Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar masih menerapkan pola tradisional yang sebagian besar mengandalkan pihak ketiga dan kunjungan tamu secara insidentil. Selain itu, masyarakat Desa Batuan belum memanfaatkan teknologi informasi yang tersedia secara maksimal dalam rangka mengelola pariwisata berbasis digital. Pemberdayaan skill digital dalam konteks literasi data, komunikasi dan kolaborasi, kreasi konten digital, keamanan, dan pemecahan masalah perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya eksistensi pariwisata budaya berbasis digital. Berdasarkan sosialisasi yang diberikan, diperoleh hasil bahwa seluruh aspek skill digital telah dipahami dengan baik dimana skor total 3,29 (skor maksimum 4,00). Aspek keamanan direspon paling baik dengan skor 3,52, sedangkan aspek menciptakan konten digital dengan skor paling rendah yaitu 3,06. Gambaran ini menunjukkan bahwa walaupun skor pemahaman responden telah baik, beberapa aspek perlu ditingkatkan seperti bagaimana menciptakan konten digital yang baik. Penyuluhan ini juga diharapkan dapat memberikan wawasan dan pola pikir yang berkembang dalam menghadapi situasi pandemic ini dan dapat diimplementasikan dalam bidang pariwisata

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jasintek

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Aplikasi dan Inovasi Iptek memuat tulisan mengenai aplikasi dan Inovasi IPTEK dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk dapat meningkatkan level keberdayaan mitra ...