Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol. 3 No. 4 (2022): Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)

Peningkatan Budaya Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar

Nurul Jadid Mubarakati (Universitas Islam Malang)
Atikah Nur Shabrina Razan Dewi (Universitas Islam Malang)
Nahdhiyatun Kamilah (Universitas Islam Malang)
IntanTrixi Fradina (Universitas Islam Malang)
Yulia Kurniasari (Universitas Islam Malang)
Erfa Navadiatul Ula (Universitas Islam Malang)
Shinta Arifiati (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
04 May 2023

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dinaungi oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi meluncurkan sebuah program yaitu Kampus Mengajar. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa di seluruh Indonesia untuk belajar menjadi mitra guru yang berfokus pada peningkatan budaya literasi dan numerasi siswa di sekolah sasaran. Mahasiswa berkontribusi secara langsung dengan menyalurkan seluruh kreativitas dan inovasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjabarkan kegiatan dalam rangka peningkatan budaya literasi dan numerasi pada peserta didik sekolah dasar melalui program Kampus Mengajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan siswa sekolah dasar dan guru. Terdapat tiga tahap dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. Pertama, persiapan yaitu penulis melakukan pembekalan dan observasi di sekolah penempatan. Kedua, pelaksanaan peningkatan literasi dan numerasi pada peserta didik. Terakhir yaitu analisis hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian. Hasil dari pengabdian ini yaitu mampu memberikan dampak positif khusus nya dalam literasi dan numerasi peserta didik melalui berbagai kegiatan seperti pembiasaan membaca pagi, pengadaan dan penataan pojok literasi, serta belajar penjumlahan, pengulangan, perkalian dan pembagian dengan cara yang menyenangkan Seluruh elemen masyarakat sekolah memberikan respon yang sangat positif dalam kegiatan Kampus Mengajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...