Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 4, No 1 (2021): Edisi Januari

Desain Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Ular Tangga Berbasis Penguasaan Konsep Siswa

Tarmidzi Tarmidzi (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Dian Permana Putri (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Abyan Zahran (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2021

Abstract

Abstrak.  Pembelajaran yang terjadi di kelas merupakan kegiatan yang sangat berpengaruh terhadap proses pendidikan.  Guru harus memiliki kemampuan dalam mengemas rancangan pembelajaran yang baik diawali dengan persiapan yang matang. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan melakukan kreativitas pada pelaksanaan pembelajaran, salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran yang dapat merangsang siswa menjadi lebih aktif dan tidak gampang bosan saat pembelajaran berlangsung.  Media pembelajaran adalah komponen-komponen sumber belajar yang mengandung materi-materi instruksional pada lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.  Desain dan pengembangan media pembelajaran ini difokuskan pada materi sumber energi untuk siswa kelas IV sekolah dasar.  Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan  metode penelitian desain (Design Research) dengan langkah-langkah, diantaranya: 1) permasalahan; 2) analisis; 3) desain/perancangan; 4) evaluasi/validasi.  Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara sebagai analaisis kebutuhan dan angket untuk validasi media yang dikembangkan.   Hasil penelitian menunjukkan ahwa media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga yang dikembangkan sudah menarik dan valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembalajaran di kelas.   Kata kunci: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Penguasaan Konsep 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...