Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2019): Mei

PENDAMPINGAN SISWA MTs ALAM SAYANG IBU DALAM MENGGUNAKAN GUA SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Siti Rabiatul Fajri (Unknown)
Septiana Dwi Utami (Unknown)
Titi Laily Hajiriah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2019

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Alam Sayang Ibu (MSI) merupakan salah satu sekolah alam yang menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning (PBL). Dengan demikian berbagai jenis proyek pembelajaran dilakukan disekolah ini, baik pembelajaran sains, sosial dan agama. Kegiatan pengabdian bertujuan untuk melakukan pendampingan kepada siswa/siswi MTs Alam Sayang Ibu untuk melaksanakan proyek pembelajaran yang bertemakan “Ashabul Kahfi”. Kegiatan ini menggabungkan 3 matapelajaran yaitu PAI (Pendidikan agama Islam), matematika dan fisika. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Gua Gale-Gale Bangkang 4-6 Maret 2019. Metode pelaksanaan pengabdian diantaranya; a) Tahap persiapan, meliputi; survey lokasi gua dan koordinasi dengan pihak sekolah, b) Tahap pelaksanaan, meliputi sosialisasi kegiatan dan penyampaian materi proyek yang akan dilaksanakan dengan peserta pengabdian (Siswa kelas 7 dan kelas 8), dan pelaksanaan kegiatan pengabdian, c) Tahap penyelesaian, meliputi penyusunan laporan kegiatan dan pembuatan artikel. Hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ialah siswa mampu bekerja sama dengan tim, siswa mampu menyimpulkan makna dari Ashabul Kahfi, siswa mampu mengukur faktor fisika kondisi dalam gua dan siswa bersemangat mengikuti kegiatan ini

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...