Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2022): Februari

PKM SMA NEGERI 7 PADANG DALAM PENERAPAN TEKNIK PETA KONSEP BAGI GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Trisna Helda (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Upit Yulianti DN (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Rahayu Fitri (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan penting yang harus dikuasai oleh siswa. Akan tetapi beberapa guru bahasa Indonesia di SMA N 7 Padang mengatakan bahwa kesulitan melakukan pembelajaran yang dapat memandu untuk pemahaman konsep. Pembelajaran yang dapat memandu untuk pemahaman konsep adalah peta konsep. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, tim pengabdi Universitas PGRI Sumbar akan memberikan pelatihan tentang pembelajaran peta konsep. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa guru-guru bahasa Indonesia di SMA N 7 Padang sudah mampu memahami pembelajaran peta konsep yang dapat memandu untuk pemahaman konsep siswa dengan baik dan dapat mengimplementasikan SMA N 7 Padang Respon guru-guru juga sangat positif terhadap pelatihan ini dengan menunjukkan antusias saat melakukkan praktik kerja mandiri dan presentasi. PKM tersebut dilakukan dengan cara membimbing dan memberikan pelatihan pada guru di SMA N 7 Padang agar dapat menggunakan teknik peta konsep pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penggunaan media pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk lebih semangat dalam proses pembelajaran pada mata pelaaran bahasa Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...