Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain pembelajaran berorientasi Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK). Metode kegiatan PPM ini adalah pendampingan dengan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu : pertama; pelatihan terbimbing untuk meningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang pembelajaran berorientasi TPACK , kedua; simulasi pembuatan desain pembelajaran berorientasi TPACK, ketiga; observasi dan evaluasi produk desain pembelajaran berorientasi TPACK. Sasaran kegiatan ini adalah guru guru PPKn SMP yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Ogan Ilir . Evaluasi kegiatan dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengevaluasi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru terhadap desain pembelajaran berorientasi TPACK dan observasi untuk mengevaluasi produk desain pembelajaran berorientasi TPACK yang dibuat peserta pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan; (1) terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru peserta pelatihan tentang rancangan pembelajaran berorientasi TPACK dilihat dari perbandingan nilai rata rata pre test dengan post test; (2) guru - guru MGMP PPKn peserta pelatihan sudah mampu membuat rancangan pembelajaran berorientasi TPACK dimana rancangan pembelajaran yang dibuat sudah memuat komponen - komponen desain pembelajaran berorientasi TPACK yang meliputi Tekhnologi Knowledge (TK), Content Knowledge (CK), Paedogogical Knowledge (PK), Technologi Paedogogical Knowledge (TPK), Tecnnologi Content Knowledge (TCK), Paedogogical Conten Knowledge (PCK).
Copyrights © 2022