Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2022): Agustus

“PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESAIN PEMBELAJARAN BEROREINTASI TECHNOLOGICAL PEADOGOGICAL AND CONTEN KNOWLEDGE (TPACK) BAGI GURU GURU MGMP PPKN SMP KABUPATEN OGAN ILIR”

Alfiandra Alfiandra (Universitas Sriwijaya)
Riswan Jaenudin (Universitas Sriwijaya)
Deskoni Deskoni (Universitas Sriwijaya)
Supriyadi Supriyadi (Universitas Sriwijaya)
Sani Safitri (Universitas Sriwijaya)
Nuraini Nuraini (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain pembelajaran berorientasi Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK). Metode  kegiatan PPM  ini adalah pendampingan dengan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu : pertama; pelatihan terbimbing untuk  meningkatan pengetahuan  dan pemahaman guru tentang pembelajaran berorientasi TPACK , kedua; simulasi  pembuatan  desain  pembelajaran berorientasi TPACK, ketiga; observasi dan evaluasi produk desain pembelajaran berorientasi TPACK. Sasaran kegiatan ini adalah guru guru PPKn SMP yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata  Pelajaran (MGMP) Kabupaten Ogan Ilir .  Evaluasi kegiatan dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengevaluasi  peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru terhadap  desain pembelajaran berorientasi TPACK dan observasi untuk mengevaluasi produk desain pembelajaran berorientasi TPACK yang dibuat peserta pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan; (1) terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru peserta pelatihan  tentang rancangan  pembelajaran berorientasi TPACK  dilihat dari perbandingan nilai  rata rata pre test dengan post test; (2) guru - guru MGMP PPKn  peserta pelatihan sudah mampu membuat rancangan pembelajaran berorientasi TPACK dimana rancangan pembelajaran yang dibuat sudah memuat komponen - komponen desain pembelajaran berorientasi TPACK yang meliputi Tekhnologi Knowledge (TK), Content Knowledge (CK), Paedogogical Knowledge (PK), Technologi Paedogogical Knowledge (TPK), Tecnnologi Content Knowledge (TCK), Paedogogical Conten Knowledge (PCK).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...