Pemerintah berupaya untuk memperkaya sumber daya manusia dengan berbagai kemampuan supaya mampu bersaing terhadap perkembangan dunia abad 21 salah satunya kemampuan berpikir kritis matematis. Salah satu pentingnya kemampuan berpikir kritis matematis yaitu seseorang mampu membedakan informasi yang valid atau tidak. Kemampuan berpikir kritis matematis dapat ditingkatkan melalui pembelajaran matematika salah satunya dengan menggunakan sumber belajar yang tepat dan sesuai yaitu e-modul. Penggunaan e-modul dirasa tepat karena isi pada e-modul dibuat lebih padat dan disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai yaitu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Selain itu, penggunaan e-modul mendukung perkembangan teknologi infromasi dan komunikasi Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kelas VIII SMP Negeri 1 Cikupa Kabupaten Tangerang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes. Analisis data yang dilakukan menggunakan Miles and Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis matematis siswa perlu ditingkatkan, perlu digunakan sumber belajar lain selain buku teks dan guru memerlukan sumber belajar yang mampu membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis seperti e-modul. Penelitian ini dapat dikembangkan menjadi pengembangan e-modul berbantuan smartphone untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis.
Copyrights © 2022