Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemahaman konsep pada materi barisan aritmetika berdasarkan Teori APOS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui dokumentasi, tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Legok. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep matematika siswa berbeda-beda. Pada siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi seluruh indikator dari tahap APOS. Sedangkan pada siswa berkemampuan sedang mampu memenuhi indikator pada tahap aksi dan proses, namun pada tahap objek hanya memenuhi 1 dari 2 indikator, serta masih kurang dalam memenuhi tahap skema. Adapun pada siswa berkemampuan rendah hanya mampu memenuhi indikator tahap aksi serta belum memenuhi indikator tahap proses, objek serta skema.
Copyrights © 2022