Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 3, No 4 (2022): Desember 2022

DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP ARITMETIKA SISWA SMP KELAS 8 BERDASARKAN TEORI APOS

Anida Safira Sabilla (Unknown)
Yani Setiani (Unknown)
Aan Subhan Pamungkas (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemahaman konsep pada materi barisan aritmetika berdasarkan Teori APOS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui dokumentasi, tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Legok. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep matematika siswa berbeda-beda. Pada siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi seluruh indikator dari tahap APOS. Sedangkan pada siswa berkemampuan sedang mampu memenuhi indikator pada tahap aksi dan proses, namun pada tahap objek hanya memenuhi 1 dari 2 indikator, serta masih kurang dalam memenuhi tahap skema. Adapun pada siswa berkemampuan rendah hanya mampu memenuhi indikator tahap aksi serta belum memenuhi indikator tahap proses, objek serta skema.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...