Jurnal Venus
Vol 5 No 9 (2017): Juni

PENGARUH MOTIVASI, MINAT KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR (STUDI KASUS PELAKSANAAN UTS DAN UAS)

Arlizar Djamaan (Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar)
Aslang Aslang (Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar)
Muh. Jafar (Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar)
Subehana Rachman (Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar)
Gradina Nur Fauziah (Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar)



Article Info

Publish Date
28 May 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar taruna politeknik ilmu pelayaranMakassar. Subjek pada penelitian ini berjumlah 253 taruna. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket motivasi dan angket kemandirian sertan menggunakan hasil belajar untuk porestasi belajar. Data penelitian yang diperoleh dianalisis dengan regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kemandirian terhadap prestasi belajar. Data dianalisis dengan bantuan program SPSS 22.0 for Windows. Hasil analisis hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi dengan prestasi belajar dengan nilai p signifikansi yang diperoleh = 0,000. Dan hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemandirian dengan prestasi belajar dengan nilai p signifikansi yang diperoleh = 0,000

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

vns

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Library & Information Science Mechanical Engineering Transportation Other

Description

Jurnal ini menampilkan berbagai pokok pembahasan yang berwujud ringkasan hasil penelitian dan artikel ilmiah yang mempunyai keterkaitan di bidang kemaritiman dan ...