Gunung Djati Conference Series
Vol. 13 (2022): The Conference on Islamic Early Childhood Education (CIECE)

Kapasitas Parent dalam Mendisiplinkan Pembelajaran AUD

Wahyu Khafidah (Universitas Serambi Mekkah)
Tabrani ZA (Universitas Serambi Mekkah)
Zulfadli (Universitas Serambi Mekkah)
Nurhayati (Universitas Serambi Mekkah)
Chairullah (Universitas Serambi Mekkah)
Fadhilah (Universitas Serambi Mekkah)
Ruhul Pajriah (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
18 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kapasitas dan peran orang tua dalam mendisiplikan pembelajaran anak dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposif sampling yaitu berjumlah 6 orang tua anak ibu dan anak, dua guru di PAUD Bustanul Nurul Ummi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilengkapi dengan daftar pertanyaan. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Orang tua/ parent merupakan kunci utama dalam penerapan kedisiplinan pembelajaran anak sejak usia dini. Orang tua memiliki peranan dalam lingkungan keluarga, dan tidak dapat diberikan kepada lembaga pendidikan

Copyrights © 2022