JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Analisis Materi Pembelajaran IPS pada Buku Ajar Tematik Terbitan Kemendikbud di SD Kelas 1 Tema 3

Regita Puspitasari (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia)
Tsana Nur Faridah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia)
Tin Rustini (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia)
Yona Wahyuningsih (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis buku ajar pada mata tematik terbitan Kemendikbud di Sekolah Dasar Kelas 1 Tema 3 “Kegiatanku” pada mata pelajaran IPS Kurikulum 2013. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan sampaian mata pelajaran yang sebelumnya IPS yang berubah menjadi tematik, maka diperlukan analisis terhadap buku ajar tematik terbitan kemendikbud di Sekolah Dasar. Penelitian ini berbentuk deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah buku ajar tematik terbitan kemendikbud di Sekolah Dasar Kelas 1 tema 3 Kegiatanku. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah berupa studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran IPS yang terkandung meliputi sosiologi dan 18 karakter menurut Kemendiknas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...