JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Dekontekstualisasi dan Rekontekstualisasi dalam Kumpulan Puisi Nisan Annemarie Karya Binhad Nurrohmat

Aditya Ardi Nugroho (STKIP PGRI Jombang)
Siti Maisaroh (STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dekontekstualisasi dan rekontekstualisasi dalam kumpulan puisi Nisan Annemarie karya Binhad Nurrohmat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) peneliti menentukan satuan kajian yaitu kata atau kalimat dalam kumpulan puisi Nisan Annemarie karya Binhad Nurrohmat; (2) melakukan pembacaan secara teliti kumpulan puisi Nisan Annemarie karya Binhad Nurrohmat; (3) peneliti mengidentifikasi dan mencatat data; (4) mengodifikasi data; (5) menginterpretasi data. Analisis data dan pembahasan dilakukan dengan menerapkan dekontekstualisasi dan rekontekstualisasi Paul Ricoeur. Hasil dari penelitian ini, yaitu dekontekstualisasi dan rekontekstualisasi yang diaplikasikan untuk memaknai kumpulan puisi Nisan Annemarie karya Binhad Nurrohmat mempresentasikan signifikansi pemaknaan. Adanya distansiasi membuat teks puisi menjadi lebih longgar dan terbuka dengan kemungkinan dimaknai menggunakan perspektif yang lebih kaya, serta memungkinkan untuk dilanjutkan dengan merekontekstualisasi teks puisi dalam kumpulan puisi Nisan Annemarie.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...