Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)

Problematika Guru Dalam Mengajar Bahasa Arab Pada Kelas V SD Islamic Bilingual Science Martapura

Noormaliah Noormaliah (STKIP PGRI Banjarmasin)
Yudha Adrian (STKIP PGRI Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
06 May 2023

Abstract

Problematika guru dalam mengajar bahasa Arab di kelas V SD Islamic Bilingual Science Martapura. Dalam sebuah pembelajaran tentunya terdapat berbagai problematika dalam kegiatan belajar mengajar tersebut, tentunya dalam menerapkan pembelajaran bahasa asing yaitu bahasa Arab, yang tidak semudah diajarkan seperti layaknya bahasa Indonesia. Dalam mengajarkan bahasa Arab seorang guru tentunya memerlukan sebuah strategi maupun metode pembelajaran agar terciptanya pembelajaran yang menarik minat peserta didik dalam belajar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika guru dalam mengajar bahasa Arab di kelas V SD Islamic Bilingual Science Martapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini ditentukan dengan wawancara terhadap guru bahasa Arab kelas V. Teknik pengumpulan data melaui observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan verifikasi dan menyimpulkan hasil.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat problematika yang dialami oleh guru, yaitu sebagai berikut: (1) Problematika guru terhadap media pembelajaran kepada siswa. (2) Problematika bahan ajar bahasa Arab yang masih pada tahap perbaikan oleh kepala sekolah. (3) Problematika terhadap kurangnya aloksi waktu dalam belajar bahasa Arab (4) Problematika terhadap karakter sosial guru terhadap guru lain dan orang tua siswa. (5) Problematika terhadap metode pembelajaran terhadap siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...