Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi masalah dan melakukan analisis kebutuhan media pembelajaran komik digital materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas IX, (2) Memahami materi kegiatan ekonomi kelas IX. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D meliputi empat tahap yaitu Define, Design, Development and Dissemination. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX yang ada di SMP Advent 2 Sario Manado. Pada tahap awal pengembangan Define dimulai dengan mengidentifikasi masalah dan analisis kebutuhan dari siswa yang dilakukan peneliti untuk mengkaji keadaan di sekolah khususnya di kelas subjek penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berupa komik digital sangat dibutuhkan. Pendefinisian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah pemetaan kebutuhan belajar siswa. Dalam hal ini peneliti akan melakukan studi pendahuluan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner (angket). Hasil identifikasi masalah dan analisis kebutuhan adalah dalam memahami materi relatif sulit dan ketersediaan media pembelajaran yang kurang memadai. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik Digital, Materi Kegiatan Ekonomi.
Copyrights © 2023