Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan di objek dan subjek penelitian dan melakukan Analisis Kebutuhan Pengembangan Media pembelajaran berbantukan aplikasi Canva Pada pembelajaran Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Problem based learning dengan subjek penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ratahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif dengan menggunakan metode survey, FGD dan Indept Interview untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media berbantukan aplikasi canva dalam pembelajaran ekonomi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Ratahan. Analisis kebutuhan dilakukan pada sampel kecil 10 orang siswa kelas IX SMP negeri 1 Ratahan. Hasil peneltian ini mengidentifikasi adanya permasalahan dalam pembelajaran siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Ratahan Minahasa Tenggara terkait dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran Ekonomi yang tidak maksimal serta belum banyak di gunakan media pembelajaran yang inovatif serta bervariasi. Untuk analisis kebutuhan siswa di hasilkan bahwa siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ratahan sangat membutuhkan akan media pembelajaran yang inovatif seperti Media Pembelajaran Ekonomi Berbantukan Aplikasi Canva serta Proses Pembelajaran Ekonomi yang Berbasis Pada Problem Based Learning. Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Media Pembelajaran Ekonomi, Aplikasi Canva.
Copyrights © 2023