Jurnal Serambi Engineering
Vol 8, No 3 (2023): Juli 2023

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Memilih Warung Kopi Arabika di Kota Meulaboh

Risnadi Irawan (Program Studi Teknik Industri Universitas Teuku Umar)
Mustafa Kamal (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Universitas Teuku Umar)
Hanif Muchdatul Ayunda (Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar)
Adib Adib (Program Studi Teknik Industri, Universitas Teuku Umar)
Abdiel Khaleil Akmal (Program Studi Teknik Industri Universitas Teuku Umar)
Marlinda Marlinda (Program Studi Teknik Industri Universitas Teuku Umar)
T. M. Azis Pandria (Program Studi Teknik Industri Universitas Teuku Umar)



Article Info

Publish Date
23 May 2023

Abstract

Seiring dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi pasca bencana gempa dan tsunami aceh tahun 2004 mempengaruhi tingkat pertumbuhan warung kopi di kota Meulaboh. Hal ini juga menjadi pendorong meningkatnya jumlah konsumen dan berbagai karakter serta sejumlah latar belakang konsumen penikmat kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokan konsumen ke dalam beberapa kategori yang didasari faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih warung kopi arabika. Penggunaan teknik analisis multivariate dari Principle Component Analysis (PCA) dalam analisis data penelitian dengan tahapan seperti perhitungan matriks korelasi, analisis faktor dan mengestimasi muatan setiap faktor dengan metode estimasi maksimum. Hasil penelitian menunjukan persentase kelima kelompok konsumen warung kopi arabika di Kota Meulaboh ialah penikmat kopi 17,1%, konsumen umum/konvensional 14,2%, konsumen sosialita 13,4%, konsumen trendi 12,8%, konsumen gaya hidup 12,2%. Dapat disimpulkan bahwa banyak konsumen memilih warung kopi arabika dikarenakan cita rasa dan kualitas dari kopi yang disajikan, kelompok ini termasuk kedalam orang yang mengerti kopi. Selain kelompok penikmat kopi, warung kopi arabika di Kota Meulaboh juga dikunjungi dari 4 kelompok lainnya seperti konsumen umum yang memilih warung kopi arabika dikarenakan rekan kerja, konsumen sosialita karena hubungan sosial, konsumen trendi karena gengsi dan konsumen gaya hidup dengan alasan brand dan status sosial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Engineering Environmental Science

Description

Jurnal Serambi Engineering diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Jurnal ini diterbitkan sebagai media untuk menyalurkan informasi hasil penelitian dibidang keteknikan baik yang dilakukan oleh para dosen dari Fakultas Teknik, khususnya dari Universitas Serambi Mekkah ...