JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kinerja Aparatur pada Pemerintah Desa di Kecamatan Magepanda (Desa Kolisia, Desa Magepanda dan Desa Reroroja)

Maria Modesta Missi Mone (Universitas Nusa Nipa)
Yosep Dyego Armando Nong Lexi (Universitas Nusa Nipa)
Viktor Eko Transilvanus (Universitas Nusa Nipa)



Article Info

Publish Date
21 May 2023

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum maksimalnya Kinerja Aparatur Pemerintah Desa di Kecamatan Magepanda (Desa Kolisia, Desa Magepanda, dan Desa Reroroja). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran Kinerja Aparatur, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja Fisik pada Pemerintah Desa di Kecamatan Magepanda (Desa Kolisia, Desa Magepanda dan Desa Reroroja); (2) menganalisis pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Desa di Kecamatan Magepanda (Desa Kolisia, Desa Magepanda dan Desa Reroroja) baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah Aparatur Pemerintah Desa di Kecamatan Magepanda (Desa Kolisia, Desa Magepanda dan Desa Reroroja), berjumlah 33 orang. Karena populasinya terbatas, maka penelitian ini dilakukan secara sensus atau sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui quisioner dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan statistik inferensial yaitu regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji t dan Uji F. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa variabel kinerja Aparatur, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik dikategorikan cukup baik. Hasil statistik uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Aparatur. Hasil statistik uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel Lingkungan Kerja Fisik berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja Aparatur. Hasil statistik uji f menunjukkan bahwa secara simultan variabel Disiplin Kerja dan variabel Lingkungan Kerja Fisik berpengaruh signifikan terhadap kinerja Aparatur. Hasil analisis determinasi menujukan variabel Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik mampu menjelaskan terhadap variasi naik turunnya kinerja Aparatur Pemerintah Desa di Kecamatan Magepanda (Desa Kolisia, Desa Magepanda dan Desa Reroroja) sebesar 36.6%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...