Di Era teknologi 4.0 dimana informasi dan komunikasi menjadi kebutuhan penting bagi peradaban manusia khususnya di bidang pendidikan. Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan karakter siswa. Sikap dan karakter siswa dapat dibantuk sala satunya dengan pendidikan kewarganegaraan. Kehadiran internet mampu memberikan informasi yang lebih mudah dan cepat. Bukan hanya sangat bermanfaat namun disisi lain penyebaran informasi palsu juga sangat berbahaya yang dapat menimbulkan masalah sosial. Di era internet website berperan penting dalam menyebarkan informasi. Dibidang pendidikan kehadiran websitediharapkan membantu meningkatkan minat dan bakat siswa di bidang kewarganegaraan. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis website melalui serangkaian analisis dan pengujian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang membandingan dua data yaitu variable pretest (X) dan variable Y (posttest), responden diberikan pretest dan posttes hasil belajar untuk mengetahui kemampuan kognitif awal para siswa pada mata pelajaran kewarganegaraan. Berdasarkan hasil analisa dan pengujian model pembelajaran yang dilakukan menyatakan model pembelajaran normal rata-rata presentasi kemampuan belajar siswa yaitu dibawah 70%. Sedangkan dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis website menyatakanbahwa terjadi peningkatan kemampuan belajar dengan rata-rata diatas 80%.
Copyrights © 2021