Journal of Gurutta Education
Vol. 2 No. 2 (2023): Journal of Gurutta Education (JGE)

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Pembentukan Akhlak Siswa SMPN 34 Makassar

Elmi Kadir (Universitas Muslim Indonesia)
Hasibuddin (Universitas Muslim Indonesia)
Ishaq Shamad (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran antara hubungan pola asuh orang tua terhadap akhlak siswa dan pengaruh pola asuh terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 34 Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan pedagogik, subjek penelitiannya adalah guru, orang tua, dan siswa SMP Negeri 34 Makassar. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh berpengaruh positif dan memiliki hubungan dengan pembentukan akhlak. Kenyataan dilapangan membuktikan bahwa setiap keluarga tidak hanya terpaku pada satu jenis pola asuh, karena orang tua menyadari bahwa pola asuh harus disesuaikan dengan konteks kebutuhan dan kemampuan anak, untuk itu terkadang pola asuh yang berhasil. dilaksanakan oleh keluarga belum tentu dapat diterapkan. baik oleh keluarga lain. Karena setiap keluarga memiliki nilai-nilai tersendiri. Pengaruh pola asuh (demokratis, pasif, otoriter, dan lalai) berpengaruh terhadap pembentukan akhlak siswa SMP Negeri 34 Makassar. Hal ini diperkuat dengan hasil uji T (parsial) nilai signifikansi = 0,000, korelasi parsial pola asuh terhadap pembentukan moral anak di SMP Negeri 34 Makassar sebesar 0,621 atau 62,1%. Dari hasil perhitungan tersebut ternyata nilai t hitung lebih besar dari t tabel dimana nilai signifikansi 0,000 < 0,01. Sehingga hipotesis yang berbunyi ada hubungan dan pengaruh yang signifikan antara pola asuh terhadap pembentukan akhlak anak di SMP Negeri 34 Makassar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jge

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Gurutta of Education: Journal of Islamic Religious Education Studies and Islamic Education Issues (e-ISSN: 2829-6737) It is published twice a year in June and December. The Journal of Islamic Religious Education is published by the Masters Study Program of Islamic Religious Education Postgraduate ...