Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2023): Februari

Pengaruh Implementasi E-learning Berbasis Quizizz terhadap Hasil Belajar PPKn

Susi Astika (Universitas Mataram)
Edy Herianto (Universitas Mataram)
Sawaludin Sawaludin (Universitas Mataram)
Lalu Sumardi (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: Apakah terdapat akibat dari implementasi e-learning berbasis quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Sambelia. Pendekatan yang diaplikasikan adalah kuantitatif yang jenisnya quasi eksperimen dengan desain time series desain. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Sambelia yang terdiri dari 4 kelas dan sampel yang diambil 1 kelas yang telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan yaitu kelas XI MIPA (I), dengan teknik purposive sampling. Data diolah menggunakan tes. Teknik tes yang digunakan yaitu pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji prasarat yaitu uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov) dan uji homogenitas (leven’s statistic), dan uji hipotesis yang menggunakan uji-t (one sample t-test). Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sebanyak empat (4) kali pertemuan. Terdapat adanya pengaruh implementasi e-learning berbasis quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Dibuktikan dengan diproleh sig. (2-tailed) ≤ 0.05 = (0.000 ≤ 0.05)

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...