BANGUN REKAPRIMA
Vol 9, No 1 (2023): April 2023

PENGARUH PENGGUNAAN E-WALLET SHOPEEPAY DAN PROMOSI CASHBACK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA

Gilda Pramesti (Politeknik Negeri Semarang)
Azizah Azizah (Politeknik Negeri Semarang)
Eva Purnamasari (Politeknik Negeri Semarang)
Endang Sulistiyani (Politeknik Negeri Semarang)
Dika Vivi Widyanti (Politeknik Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Kemajuan teknologi menyebabkan aplikasi marketplace yang menyediakan pembayaran digital untuk mempermudah para customer dalam melakukan sebuah transaksi. Salah satunya adalah Shopee, Shopee mengeluarkan layanan dompet digital yang disebut Shopeepay yang digemari oleh masyarakat untuk melakukan transaksi dalam aplikasi marketplace Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-wallet shopeepay dan promosi cashback terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa di Kota Semarang sebagai pengguna Shopeepay. Untuk sampel yang diambil adalah 60 responden, dengan menggunakan parameter yang diestimasai (diukur). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan metode pengumpulan data penyebaran kuesioner kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-wallet shopeepay secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Sedangkan promosi cashback secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bangun_rekaprima

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Other

Description

Bangun Rekaprima: Jurnal Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora as an information container that contains articles about the field of science consisting of results of research, literature review, review of books, journal reviews, popular scientific knowledge, results of translations, and other ...