Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023

Analisis Komparasi Buku Teks Matematika Indonesia dan Singapura pada Topik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Dinda Dewi Kaerudin (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Herani Tri Lestiana (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Yandi Heryandi (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Buku teks dapat mempengaruhi proses belajar peserta didik. Setiap kurikulum yang berlaku memiliki buku teks sebagai bahan ajar utama. Beberapa sekolah SPK di Indonesia mengadaptasi kurikulum yang diterapkan di Singapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan konten materi dan penyajian materi pada buku teks matematika Indonesia dan Singapura pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Perbandingan ini menggunakan buku teks matematika kurikulum 2013 kelas VIII Semester 1 dan buku teks Discovering Mathematics 2A (2nd Edition). Berdasarkan hasil analisis, kedua buku teks tersebut memiliki persamaan dan perbedaan masing-masing dalam setiap aspek dan komponen yang dianalisis. Pada cara penyajian materi, buku teks matematika Indonesia cenderung monoton dalam satu halaman secara padat diisikan oleh tulisan namun dalam pemilihan warna bervariasi. Sedangkan dalam buku teks Singapura, cara penyajian materi memanfaatkan tata letak yang bervariasi dengan menambahkan spot kecil (bubble) walaupun dalam pemilihan warna tidak terlalu bervariasi. Kelebihan buku teks Indonesia yaitu pemanfaatan masalah kontekstual saat memperkenalkan sebuah konsep, sedangkan pada buku teks Singapura masalah kontekstual hanya disajikan dalam latihan soal. Di sisi lain, buku teks Singapura memiliki kelebihan dalam hal integrasi pemanfaatan teknologi dan antisipasi miskonsepsi peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

circle

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even ...