Kegiatan masih dibantu, kurang berkomunikasi, kurang inisiatif, dan banyak diam menandakan adanya masalah psikososial pada anak. Apabila gangguan tersebut berlangsung secara terus menerus akan berdampak pada perkembangan psikososial anak, karena kurangnya keterampilan kader dalam penerapan perkembangan psikososial pada anak, sehingga perlu adanya peningkatan keterampilan kader dalam penerapan perkembangan psikososial pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui hasil dari evaluasi penerapan perkembangan psikososial anak oleh kader kesehatan jiwa anak di taman posyandu Desa Purwodadi Puskesmas Kras, Kec. Kras, Kab. Kediri. Desain Penelitian menggunakan Observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling sebanyak 40 responden. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 sampai 28 Februari 2020. Analisa data menggunakan Uji Regresi Logistik Ordinal dengan nilai α = 0.005. Hasil uji didapatkan nilai signifikansi ρ = 0.000 < α = 0.005 yang dapat disimpulkan tolak H0 yang berarti ada pengaruh Penerapan Stimulasi Perkembangan Anak Oleh Kader Kesehatan Jiwa Anak Terhadap Perkembangan Psikososial Anak di Taman Posyandu Desa Purwodadi Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Peningkatan keterampilan kader kesehatan jiwa anak dalam penerapan stimulasi perkembangan psikososial pada anak dapat meningkatkan perkembangan psikososial anak. Penerapan stimulasi perkembangan yang dilakukan oleh kader, diharapkan dapat membantu meningkatkan perkembangan psikososial anak
Copyrights © 2020