Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa kreativitas anak mulai berkurang terutama dalam perkembangan kognitifnya. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis membuat penelitian dengan judul “implementasi percobaan sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di KB AL Hidayah Ternyang Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa observasi di lapangan, tanja jawab dengan peserta didik dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakaan adalah menggunakan teknik penskoring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi awal didapatkan data kategori baik sebesar 27,27%, kategori cukup sebesar 59.1 % dan kategori kurang sebesar 13.67%. Pada Siklus I terdapat kategori baik 45.45%, kategori cukup 50% dan kategori kurang 4,5%/. Sedangkan pada Siklus II terdapat kategori Baik sebesar 86.36 %, kategori cukup sebesar 9.10% dan kategori kurang sebesar 4.5%.
Copyrights © 2023