Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami oleh siswa dan tingkat self-efficacy siswa SMPN 1 Cinangka dalam memecahkan permasalahan matematika berbetunk soal uraian. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 80 siswa kelas VIII SMPN 1 Cinangka. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes yang terdiri dari 5 soal uraian dan instrumen nontes berupa angket self-efficacy serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika terletak pada pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural dan pengetahuan metakognitif. Jenis kesulitan yang dialami siswa yaitu pada mengingat fakta, mengingat konsep, memahami fakta, memahami konsep, menerapkan konsep, menerapkan prosedur, menganalisis prosedur, mengevaluasi faktual, mengevaluasi konsep, mengevaluasi prosedur dan mengomunikasikan metakognitif. Faktor-faktor kesulitan yang dialami siswa dalam memecahkan masalah matematika yaitu siswa yang kurang teliti, mudah menyerah, merasa waktu yang diberikan tidak cukup sehingga siswa merasa cemas dan mengerjakannya dengan tergesa-gesa. Tingkat self-efficacy yang dimiliki siswa kelas VIII SMPN 1 Cinangka berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata sebesar 64,35%. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Self-Efficacy, Pemecahan Masalah Matematika
Copyrights © 2023